New Zealand, kalo di Indonesia-in jadi Selandia Baru, secara geografis negara ini terletak sebelah tenggara Indonesia. Selandia baru terbagi menjadi dua pulau,yaitu utara dan pulau selatan, kota besar mereka cuman ada empat, yaitu Auckland dan Wellington (Ibu Kota dan Pusat Pemerintahan) di pulau utara, then Christchurch sama Dunedin di pulau selatan. Data terakhir yang gue dapet populasi di negara ini hanya 4,5 juta orang (2013) dengan luas wilayah 268,700 km2, jadi sudah pasti lebih crowded di Indonesia.

Iklim di Selandia Baru relatif dingin, bahkan musim panas mereka sekitar 24° sampai 26° Celcius, jadi lebih tepatnya bukan panas, tapi adem. Musim dingin di sini bisa mencapai 3° Celcius di Kota Dunedin, karna di Selandia Baru semakin ke bawah (selatan) semakin dingin. Negara ini juga dikenal dengan pemandangan alamnya, dammnnn so beatiful. Saking keren dan masih terjaganya panorama alam di negara ini, banyak film keren yang dibikin disini, ada 10.000 BC, 30 Days of Nights, Anacondas: The Hunt of Blood Orchid, Avatar, The Chronicles of Narnia: Prince Caspian, The Chronicles of Narnia: The Lion, The Witch and The Wardrobe, The Hobbit, King Kong, The Last Samurai, The Lord of The Rings Trilogy, Kaho Naa… Pyar Haii, The Under World: Rise of The Lycans, dan X-Men Origins: Wolverine.

Sekarang sejarahnya nih, Selandia Baru ditemukan oleh orang-oraang Eropa pada tahun 1800, dan pada 1840 mereka menjadi bagian dari British Colony serta menandandatangani sebuah dokumen perjanjian yang bernama The Treaty of Waitangi, dokumen ini ditandangani oleh Kepala Suku Maori dan Ratu Inggris. Nah dokumen ini nih yang mengesahkan Selandia Baru sebagai negara. Kemudian Selandia Baru mendapatkan kemerdekaan mutlak dari Inggris pada tahun 1947. Sekarang Selandia Baru Tetap termasuk sebagai bagian dari British Commonwealth, jadi Ratu Elizabeth II tetap menjadi pemimpin utama mereka dan pemimpin negara mereka adalah Perdana Menteri yang dipilih setiap 3 tahun sekali.

Auckland City

Auckland City – Photo from: www.aucklandnz.com

Suku asli Selandia Baru bernama Māori,dan menggunakan bahasa Māori sebagai bahasa pengantar mereka, tapi woles aja broo, bahasa Inggris tetap menjadi bahasa pengantar utama di Selania Baru. Populasi di negara ini cukup banyak campurannya, ada dari Eropa, Asia, Māori, Timur Tengah, Amerika Latin, dan Afrika. Biaya hidup di Selandia Baru perkiraannya NZD 1.000 – NZD 1.800 tergantung dari gimana gaya hidupnya. Dengan biaya segitu dah termasuk makan, sewa tempat tinggal, listrik, air, pulsa, dan kebutuhan harian lainnya. Akomodasi disini bervariasi.mulai dari Homestay, Flat/Apartemen, akomodasi kampus juga ada tentunya buat yang belajar di Selandia Baru.

Tranportasi, ngomongin tranportasi,di negara ini banyak macemnya.

  • Pesawat, bandara banyak tersedia di Selandia Baru bahkan di kota-kota kecil. Durasi Penerbangan ga begitu lama disini,trus tiket pesawat bisa di booking online.
  • Kapal Feri, di Selandia Baru juga ada jasa Kapal Feri yang menghubungkan Pulau Utara dan Selatan. Jasa Feri kecil juga ada tapi biasanya di tempat wisata, kaya di pelabuhan Auckland.
  • Bis dan Kereta, Bis disini ga usah nunggu lama soalnya ada tiap 20 menit dan biasanya bagi pelajar asing nih, pihak kampus juga sediain Shuttle Bus. Kereta juga bisa jadi pilihan di Selandia Baru.
  • Sepeda, Transportasi ini bagus nih buat yang suka ngegedein betis sambil nikmatin pemandangan. But still keselamatan adalah segalanya, walaupun pakai sepeda tetap harus pakai helm kalo di jalan raya kalo ga nanti kena tilang ama polisi sepeda. Trus kalo lu make sepeda sampe malem, itu sepeda harus dikasih lampu, minimal lampu kedap-kedip yang kaya di sepeda Fix Gear, supaya pengedara laen bisa liat lu.
  • Motor, di Selandia jarang ada motor bebek, palingan Piagio atau MoGe. Sama lu mesti punya SIM Motor buat bawa motor disini.
  • Mobil, buat para pelajar asing mobil jarang jadi pilihan , selain mahal dan juga mesti pinya SIM Mobil. Namun pelajar asing anyak yang tinggal deket kampus, jadi ga butuh mobil.tapi kalo lu wisatawan, tapi kalo lu libur kuliah trus mau jalan-jalan,banyak tempat penyewaan mobil disini. Oia kalolu blom bikin SIM Mobil di Selandi Baru,lu bisa make SIM Mobil negara asal lu. Dan itu SIM udah di terjemahin ke Bahasa Inggris, jadi kalo lu bawa mobil, lu bawa SIM negara lu ama terjemahannya. Ini berlaku buat satu tahun pertama lu di Selandia Baru.

Sekian info umumnya semoga bermanfaat.

Categories: Blog