Tinggal di Selandia Baru merupakan tantangan yang unik bagi setiap siswa, walaupun semua persiapannya sudah sangat – sangat lengkap. Namun perasaan homesick, suasana baru, dan faktor lainnya akan membuat kita lupa persiapan yang sudah kita bawa. Namun tidak pernah salah jika kita selalu well prepared dan well informed dalam menghadapi apapun, agar kita bisa dapat segera beradaptasi dengan lingkungan baru dengan cepat.

Berikut tips dan informasi tambahan yang dapat berguna selama proses beradaptasi untuk tinggal di Selandia Baru.

Informasi Negara

Pertama adalah informasi negara Selandia Baru itu sendiri, mulai dari musim, cuaca, letak, serta budaya dan bahasanya. Selandia Baru merupakan negara yang terbagi atas dua pulau yaitu pulau utara dan selatan, dan memiliki 4 kota besar yaitu Auckland, Wellington (Ibu Kota), Christchurch, dan Dunedin. Dengan jumlah populasi sekitar 4.500.000 jiwa, yang 30% nya berada di Kota Auckland.

map_of_new-zealand

Selandia Baru memiliki 4 musim yaitu sbb:

  • Semi (Sep/Oct/Nov)
  • Panas (Des/Jan/Feb)
  • Gugur (Mar/Apr/Mei)
  • Dingin (Jun/Jul/Agu)

Budaya Selandia Baru yang masih sangat terjaga kelestariannya yaitu adalah suku Maori yang masih ada dan berperan penting, walaupun saat ini Selandia Baru sudah memiliki Perdana Menteri. Disetiap kota Selandia Baru, selalu terlihat bangunan adat suku maori dan bahkan disemua universitas dan politeknik negeri pun memiliki jurusan yang khusus membahas tentang budaya, bahasa, rumah adat, pemangku adat, dan yang cukup terkenal tarian haka yang sangat dikenal oleh masyarakat luas.

Tiket

Pembelian tiket dapat dilakukan oleh siswa sendiri atau pun melalui kantor IAANZ Indonesia. Sebelum melakukan pembelian siswa wajib menginfokan terlebih dahulu ke kantor IAANZ Indonesia agar dapat diatur terlebih dahulu jadwal penerbangan, kota transit, waktu transit, jadwal kedantangan, maskapai, dan harganya. Mengapa sedemikian detail, kami harus memastikan siswa tidak terlalu lama berada di kota transit, dan juga harus memastikan staff kami yang akan melakukan penjemputan di bandara saat kedatangan. Negara seperti Australia memiliki peraturan yang cukup ketat perihal transit, jadi kami harus memastikan bahwa tiket yang akan dibeli sesuai dengan pertauran transitnya. Juga untuk tanggal keberangkatan,

Homestay

Pemilihan homestay salah satu hal terpenting dari sekolah diluar negeri. Untuk pemilihan ini, kami akan menyediakan formulir yang akan diisi dengan berbagai pilihan yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Siswa akan dapat memilih berapa kali dia akan mendapatkan makan, berapa orang family member hostnya, sampai peliharaan apa yang diinginkan. Jika sudah mendapatkan homestay, dan tinggal dihomestay tersebut lalu mengalami kurang cocok dengan keluarga homestaynya, siswa dapat mengajukan untuk pindah homestay.

Biaya standard homestay di Selandia Baru bekisar NZD 1.300 untuk 4 minggu, sudah termasuk makan 3 kali sehari, laundry, listrik, air dan internet yang mengunakan kuota. Siswa diharapkan agar lebih berani berkomunikasi jika ada kendala atau masalah selama dihomestay. Perbedaan budaya akan sering menjadi sumber kendala atau masalah selama tinggal di negara asing. Silahkan dibicarakan dengan baik-baik kepada orang tua homestay agar kendala atau masalah tersebut dapat dihindarkan. Kesampingkan rasa takut, segan, bahkan malu.Siswa dalam hal ini dituntut untuk mandiri agar mengetahui cara penyelesaian masalah dan dapat menyelesaikan masalah dengan cara yang terbaik.

Keberangkatan

Keberangkatan atau pre departure briefing. Yang akan membahas barang bawaan, kontak penjemputan dibandara, jadwal orientasi sekolah, sampai dengan alamat homestay.

Sebelum berangkat student akan mendapatkan briefing informasi perihal alamat dan contact person di Selandia Baru. Setalah sampai dan bertemu dengan staff kami, siswa biasanya akan diajak berkeliling sebentar agar tahu rute jalan yang akan sering dilewati. Sehabis itu siswa akan langsung diantarkan ke homestayny untuk isitrahat dan mempersiapkan hari berikutnya. Untuk informasi tambahan agar siswa lebih cepat settle di Selandia Baru, siswa dapat mendownload aplikasi yang bernama Christchurch Student Guide. Aplikasi ini berisi informasi yang lengkap tentang kota Christchurch, yang kesemua dapat diakses dalam genggaman tangan siswa.

nz-student-guide

Aplikasi “Christchurch Student Guide” bisa kamu dapatkan di Android https://play.google.com/store/apps/details?id=com.ionicframework.chchedu294669 dan iOS https://itunes.apple.com/en/app/christchurch-international/id1077752907?l=vi&mt=8 Applikasi tersebut akan mempermudah kamu, yang baru pertama kali tinggal dan belajar di kota Christchurch, Selandia Baru.

Transportasi

Salah satu penunjang mobilitas siswa selama disana adalah sarana transportasi. Walaupun transportasi di Selandia Baru cukup lengkap pilihannya serta memiliki informasi rute perjalanan yang mudah diakses dengan smartphone, namun kami tetap mewajibkan siswa agar memiliki mobil sebagai kendaraan pribadi selama disana. Kami juga memiliki fasilitas shuttle untuk para siswa yang belum terbiasa dalam membawa mobil pribadi ataupun belum memiliki kendaraan, namun kami tetap mewajibkan siswa memiliki mobil agar dapat mudah dalam mengikuti kegiatan belajar. Mobil tidak harus yang mahal, estimasi mobil yang dapat menjadi pilihan siswa berkisar NZD 1.500 – NZD 3.000. Mobil dimaksudkan agar siswa lebih efisien dalam hal waktu sekolah, serta tidak ada masalah dengan kegiatan kampus yang memiliki mobilitas tinggi. Untuk mendapatkan mobil dengan harga yang terjangkau, bisa dilihat di situs jual beli trademe.co.nz

motorweb

Untuk lisensi pengemudi atau SIM, cukup gunakan SIM negara asal dan ini berlaku untuk 1 tahun di Selandia Baru. Dalam pencarian mobil siswa bisa meminta masukan dari pihak kampus, senior, serta orang tua homestay.

Biaya Tambahan

Biaya tambahan yang diperlukan selain biaya sekolah dan biaya hidup adalah sebagai berikut

  • Mobil NZD 1.500 – NZD 3.000
  • Medical Check Up NZD 700 – NZD 900
  • iPad IDR 9.000.000 – IDR 10.000.000
  • Seragam IDR 150.000 – 200.000 per pcs

Dari kesemua informasi diatas, semuanya bertujuan agar persiapan siswa sebelum keberangkatan dan sesudah keberangkatan benar-benar matang. Persiapan yang matang akan membuat siswa lebih mudah dalam beradaptasi baik disekolah maupun dilingkungan homestay. Dan siswa juga diminta agar lebih menjadi pribadi yang terbuka terhadap hal baru di Selandia Baru. Sering untuk berkomunikasi antara teman sekelas atau para senior dari Indonesia yang sangat dapat membantu untuk beradaptasi di Selandia Baru. Semua staff sekolah juga siap membantu jika ada pertanyaan atau hal yang ingin ditanyakan. Silahkan bertanya dan lebih speak up, agar mereka dapat mengerti dan membantu hal yang sekiranya menjadi penghalang siswa untuk dapat belajar.

Siswa juga harus memiliki motivasi yang kuat dalam belajar serta dalam kehidupan sehari hari disana, pada awal 3-4 bulan biasanya menjadi sangat berat bagi kebanyakan siswa. Kangen orang tua, rumah, kampung halaman, dan budaya serta makanan yang berbeda setiap harinya akan menguji diri siswa. Dan semua ujian ini adalah bagian dari proses untuk menjadi pribadi yang lebih dewasa dan seorang pilot yang professional.

Categories: Blog